TIPS MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI

Bookmark and Share
TIPS MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI. BAGAIMANA CARA MENINGKATKAN RASAA PERCAYA DIRI. TIPS JADI PD. TIPS AGAR PERCAYA DIRI BERTAMBAH. CARA BUAT JADI PD.

Percaya diri atau yang lebih kita kenal dengan PD, merupakan salah  satu faktor yang sangat penting yang harus dimiliki seseorang. Sadar atau tidak, PD sangat membantu dalam banyak hal. Mulai dari pergaulan, pekerjaan, dan lebih-lebih cara kita menjalani hidup. 

Berbicara tentang bagaimana cara meningkatkan percaya diri tentunya sangat berkaitan dengan cara berpikir dan bagaimana mengenali diri kita dengan baik, maka langkah awal yang sudah sepatutnya kita lakukan adalah mengarahkan pikiran kita agar selalu berpikir positif terutama dalam menilai diri sendiri.
Description: http://www.metris-community.com/wp-includes/js/tinymce/plugins/wordpress/img/trans.gif
Orang orang yang PD rata-rata adalah orang-orang yang mampu melihat dan berusaha memaksimalkan kelebihan mereka dan tidak menjadikan kekurangan yang mereka miliki sebagai penghalang yang berarti dalam mencapai tujuan mereka. 

Rasa percaya diri inilah yang dimiliki oleh orang-orang sukses dan menjadi ciri khas mereka. Mereka benar-benar paham dengan potensi yang ada pada diri mereka sehingga pada saat berhadapan dengan suatu masalah, mereka dapat menyelesaikan masalah tersebut meskipun dalam prosesnya mengalami beberapa kegagalan namun dalam kegagalan tersebut mereka dapat membangun rasa percaya diri dan kembali bangkit. Orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi akan mampu mengeksekusi kekreatifitasannya dengan lebih leluasa dibandingkan dengan orang yang memiliki sifat sebaliknya. 

So, kurangnya rasa PD akan sangat berpengaruh pada kualitas hidup seseorang, juga akan menjadi hambatan dalam melakukan banyak hal. hmmmmm… The question is,, PD itu Takdir or Pilihan sih?? Menurut kamu?? Ea So pasti dong, itu pilihan kita sendiri. So,, Buat kamu yang merasa masih kurang PD, berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu..


Tips Meningkatkan Rasa Percaya diri

1.   Kenali diri kita
Sudahkah kita  mengenali diri kita sendiri. Tipe orang seperti apa kita? apa minat kita? Apa kekurangan dan kelebihan kita? Penting untuk mengetahui hal-hal tersebut agar kita dapat tau apa yang dapat kita kembangkan dan apa yang harus diperbaiki dari diri kita.

2.   Mangoptimalkan kelebihan yang kita miliki
Terkadang kita merasa kurang percaya diri sebab kita terlalu terpaku dan minder pada kekurangan-kekurangan yang kita miliki. Padahal akan lebih baik jika kita menggali dan mengembangkan apa yang menjadi kelebihan kita sebab seseorang akan lebih dikenal dengan kelebihan yang dia miliki daripada kekurangan yang tidak ia miliki. Semisal Christ jhon terkenal sebagai seorang petinju kelas dunia, bukan terkenal sebagai seseorang yang tidak pandai memasak. Christ jhon dapat di kenal karena ia mampu mengoptimalkan kelebihan yang ia miliki sebagai seorang petinju. Janganlah menjadi orang yang ingin dapat melakukan segala macam hal. Itu memang baik, tapi akan lebih baik jika kita melakukan sesuatu secara optimal.

3.   Benahi kekurangan
Setelah mengoptimalkan apa yang kita miliki, cobalah pelan-pelan untuk berbenah diri agar menjadi pribadi yang lebih baik dengan meminimalkan kekurangan kita. Tapi jangan jadikan itu sebagai fokus utama. Arahkan diri kita agar lebih terfokus untuk terus mengasah kelebihan yang kita miliki.

4.   Selalu memberi afirmasi postif kepada diri kita
Dengan demikian akan merangsang conscious mind (pikiran sadar) dan sub-conscious mind (pikiran bawah sadar) yang mampu meningkatkan keyakinan kita dalam melakukan suatu tindakan.

5.   Lakukan sesuatu dan jangan takut gagal
Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan kita, mulailah melakukan sesuatu. Berdiam diri dan tidak melakukan apa-apa akan menjadikan kita sebagai pribadi yang pasif dan tidak berkembang. Lakukanlah sesuatu yang berguna bagi kita dan orang lain. Coba hilangkan ketakutan akan menuai kegagalan dalam mencoba sesuatu yang baik karena kegagalan yang sesungguhnya adalah ketika kita berhenti mencoba. Dan ketika kita telah berhasil melakukan sesuatu yang berguna maka kita akan menjadi orang yang berharga dan dihargai.

6.   Nikmati apa yang kita kerjakan 
    Adalah indikasi bahwa kita telah melakukan sesuatu yang benar. Melakukan seuatu yang baik dengan memuaskan akan meningkatkan rasa PD pada diri kita.
7.   Belajar mengambil keputusan
Dalam proses pengambilan keputusan dibutuhkan rasa percaya diri. Banyak bertanya dan meminta saran serta pendapat orang lain sebelum memutuskan sesuatu adalah baik adanya, namun kita  harus bisa belajar memutuskan sesuatu secara mandiri tanpa intervensi orang lain. Kita harus yakin dengan kemampuan yang kita miliki agar dapat menjadi pribadi yang lebih PD.

8.   Buatlah daftar kesuksesan
Buatlah sebuah daftar yang berisi kesuksesan dan pencapaian-pencapaian yang telah kita dapatkan selama ini meskipun pencapaian-pencapain tersebut tidak telalu luar biasa. Contohnya, pernah menjadi juara 1 Lomba Melukis tingkat RT. Lupakan bahwa pencapaian itu tidak terlalu bergengsi, cobalah berpikir positif bahwa dengan kita telah menjadi juara lomba lukis tingkat RT maka bisa dikatakan kemampuan melukis adalah yang terbaik di RT kita. Dan itu merupakan suatu kelebihan yang dapat kita banggakan.

9.   Perluas wawasan dan pengetahuan
Dengan wawasan yang luas dan pengetahuan yang banyak, maka kita akan lebih percaya diri dalam menyampaikan sesuatu sebab kita tahu pasti apa yang kita sampaikan dan atas dasar yang jelas. Dengan wawasan yang luas pula kita  akan lebih dewasa dalam menyikapi masalah-masalah yang menimpa kita sehingga menjadikan kita lebih percaya diri.

10.            Cari dan temukan lingkungan yang tepat
Cari dan temukan lingkungan yang dapat membantu self esteem / percaya diri anda berkembang dengan memperbanyak membaca buku-buku positif ataupun buku tentang motivasi dan bergaullah dengan orang-orang yang positif. Seperti sebuah hadist nabi “siapa yang bergaul dengan penjual minyak wangi dia juga akan wangi, dan siapa yang bergaul dengan tukang sampah maka dia juga akan berbau sampah”.

 
Itulah beberapa dari sekian banyak tips yang saya dapatkan dari berbagai sumber. Semoga dapat membantu kita menjadi orang yang lebih percaya diri. But, ingat !! percaya diri sih boleh-boleh saja, tapi jangan sampai menjadikan kita tampak seperti orang yang sombong dan angkuh karena itu akan merugikan bagi diri kita sendiri. Ok guys…



“Orang optimis melihat keindahan mawar tanpa memperperdulikan duri pada batangnya, sedangkan orang pesimis merenungi duri tanpa perduli pada keindahan sang mawar”.

{ 2 komentar... Views All / Send Comment! }

Unknown mengatakan...

tingkatkan kepercayaan diri.

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

chintia lim mengatakan...

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Posting Komentar